Hubungan Sosial (Relasi Sosial) di masyarakat dapat dibedakan berdasarkan stratifikasi sosial dan diferensiasi sosial.

Stratifikasi sosial adalah pembedaan hak dan kewajiban warga masyarakat berdasarkan kedudukan, kekuasaan, dan kekayaan.

Diferensiasi sosial adalah pembedaan hak dan kewajiban warga masyarakat berdasarkan usia, jenis kelamin, dan pekerjaan.

Hubungan sosial berdasarkan kedudukan (status sosial), misalnya bangsawan dan rakyat biasa; berdasarkan kekuasaan, misalnya penguasa dan rakyat kecil; berdasarkan kekayaan, misalnya pemilik modal dan pekerja.

Hubungan sosial berdasarkan usia, misalnya tua dan muda; berdasarkan jenis kelamin, misalnya laki-laki dan perempuan; berdasarkan pekerjaan, misalnya manajer dan staf.

Hubungan sosial di era Internet of Things (IoT) terjadi pergeseran dari masyarakat yang terstruktur berdasarkan strata sosial ke masyarakat fungsional berdasarkan usia, jenis kelamin dan pekerjaan, misalnya hubungan pertemanan (peer group) adalah kelompok sosial yang memiliki kesamaan minat, usia, latar belakang, atau status sosial.

Di masa lalu, hubungan sosial berdasarkan struktur sosial sangat mendapat perhatian, sedangkan di era internet hubungan sosial lebih berdasarkan hubungan pertemanan. Namun demikian, bukan berarti hubungan sosial berdasarkan struktur sosial tidak penting karena IoT hanyalah alat yang memudahkan manusia dalam pemenuhan kebutuhannya sebagai makhluk sosial.

Internet sangat membantu manusia dalam memenuhi kebutuhannya, misalnya kebutuhan sosial untuk bergaul dengan sesama sangat terbantu dengan adanya internet.

Internet telah mengubah hubungan sosial langsung menjadi hubungan sosial tidak langsung, berawal dari pesan teks, pesan singkat, pesan suara, pesan gambar, sampai pesan audiovisual telah mengubah pola pikir dan pola perilaku dalam hubungan sosial.

Dengan IoT kendala ruang dan waktu dalam hubungan sosial dapat diatasi dengan mudah.

Selain untuk memenuhi kebutuhan sosial, IoT juga memudahkan manusia untuk berbisnis. Seringkali internet lebih banyak digunakan untuk membina hubungan sosial dengan keluarga, teman lama, teman jauh, teman karib, teman dekat dan sebagainya, padahal internet dapat digunakan untuk berbisnis dari rumah yang belakangan ini semakin marak di era pandemi Covid-19. Dengan demikian, hubungan sosial di dalam keluarga telah berubah dari hubungan sosial menjadi hubungan ekonomi, dari hubungan sosial antaranggota keluarga menjadi hubungan bisnis sekaligus sebagai pemilik usaha rumah tangga.

Semoga perubahan hubungan sosial di dalam keluarga memberi kebahagiaan bagi seluruh anggota keluarga.


admin

WALUYO, harry seorang pemelajar sepanjang hidup di bidang kebudayaan, pariwisata, dan ekonomi kreatif

Related Posts

Creative Economy

Perbedaan kolaborasi dan kerja sama

Perbedaan kolaborasi dan kerja sama Kolaborasi merupakan suatu kegiatan yang melibatkan dua atau lebih orang/ lembaga yang bekerja bersama-sama (work together) untuk mencapai tujuan bersama. Kerja sama adalah suatu kegiatan di mana dua atau lebih Read more…

Creative Economy

Masyarakat Sipil

Masyarakat Sipil Masyarakat Civil society adalah suatu kumpulan atau komunitas warga sipil yang terdiri atas sekelompok orang yang bekerja secara sukarela untuk mencapai tujuan yang bersifat non-profit. Mereka berusaha untuk mencapai tujuan yang berbeda-beda, mulai Read more…

Creative Economy

Prakiraan yang berlebihan

Prakiraan yang berlebihan dalam membuat prakiraan masa depan dengan menggunakan metode backcasting dan ekstrapolasi. Backcasting Backcasting adalah metode perencanaan yang dimulai dengan menentukan masa depan yang diinginkan, lalu berjalan mundur untuk mengidentifikasi kebijakan dan program yang Read more…