Pengembangan usaha pariwisata dan ekonomi kreatif hendaknya mengikuti tren yang baru tumbuh pada masa pandemi Covid-19 dan akan terus berkembang pascapandemi adalah sektor pendidikan dan kesehatan (sumber: E-Conomy SEA Google, 2019, Google Trend, 2020).

Isu Strategis 

1. Produk dan layanan pariwisata dan ekonomi kreatif menciptakan pasar baru dan gaya hidup baru.

> Produk dan layanan pariwisata dan ekonomi kreatif yang saat ini dibutuhkan pasar, yang berhubungan dengan Sektor Pendidikan, misalnya Pendidikan Kreatif dan Inovatif untuk Pengembangan Usaha Pariwisata Baru dan Usaha Ekonomi Kreatif baru, sedangkan yang berhubungan dengan Sektor Kesehatan, misalnya Wisata Kesehatan Baru, Wisata Olahraga Baru, dan Wisata Kuliner Baru, yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap virus SARS CoV-2.

2. Implementasi CHSE (Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan, Keberlanjutan Lingkungan) bagi Pelaku Usaha Pariwisata dan Pelaku Usaha Ekonomi Kreatif.

> Perubahan Pola Pikir Baru menjadi Pola Perilaku Baru dengan menggunakan metode Coaching (learning & adaptation)

3. Manajemen Pentahelix

> Akademisi dan Komunitas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif melakukan riset dan kajian tentang tren pariwisata dan ekonomi kreatif di masa depan (trend forecasting).
> Pemerintah dan Pemda melakukan deregulasi dan/ atau kebijakan yang menghambat pengembangan usaha pariwisata dan ekonomi kreatif dengan melibatkan pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif (ease doing business).
> Pelaku Usaha Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengembangkan produk pariwisata dan ekonomi kreatif yang dibutuhkan pasar dan dipromosikan langsung (direct marketing) dan/ atau melalui Media (integrated marketing communications).

Penutup

Pengembangan usaha pariwisata dan ekonomi kreatif di masa pandemi dan pascapandemi covid-19 hendaknya diprioritaskan yang berhubungan dengan pendidikan kreatif dan inovatif bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, wisata kesehatan bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan, wisata olahraga bekerja sama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga, dan wisata kuliner, yang akan menjadi pemicu tumbuhnya industri pariwisata dan industri kreatif lainnya.


admin

WALUYO, harry seorang pemelajar sepanjang hidup di bidang kebudayaan, pariwisata, dan ekonomi kreatif

Related Posts

Creative Economy

Bisnis Kuliner dalam Ekonomi Kreatif

Dalam sebuah diskusi terbatas tentang Ekonomi Kreatif disampaikan pertanyaan yang menarik, “Apakah bisnis kuliner termasuk ekonomi kreatif ?” Pertanyaan itu tidak hanya disampaikan di lingkungan terbatas di dalam negeri, bahkan sering ditanyakan setiap kali bertemu Read more…

Enactment

Kerja Sama Tim

Kerja sama tim dilakukan oleh para anggota tim, yang bekerja sesuai dengan bidang keahliannya, akan lebih efektif dan efisien untuk mencapai tujuan organisasi. Mengapa pemimpin mempunyai peran penting dalam kerja sama tim? Seorang pemimpin (CEO) Read more…

News

Merawat Persatuan Bangsa dalam Bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia

Merawat persatuan bangsa dalam bingkai negara kesatuan Republik Indonesia merupakan keniscayaan karena Indonesia beragam bahasa, suku bangsa, bangsa, agama dan kepercayaan, warna kulit, dan golongan sosial, yang membuat Indonesia unik di mata dunia. Kunci merawat Read more…