Kerja sama tim dilakukan oleh para anggota tim, yang bekerja sesuai dengan bidang keahliannya, akan lebih efektif dan efisien untuk mencapai tujuan organisasi.

Mengapa pemimpin mempunyai peran penting dalam kerja sama tim?

Seorang pemimpin (CEO) mampu menyelaraskan Sistem Budaya (SB), Sistem Sosial (SS), dan Sistem Teknologi (ST) untuk mencapai tujuan organisasi.

Seorang pemimpin yang visioner akan menetapkan visi yang akan dicapai di masa depan dan tahu bagaimana cara mencapai visi tersebut.

Bagaimana cara mencapai visi tersebut?

1 Menyepakati Sistem Budaya (SB)

Nilai budaya, norma sosial, aturan, dan hukum, yang digunakan sebagai pedoman bertindak bersama.

2 Mewujudkan Sistem Sosial (SS)

Jejaring sosial yang terpola dari hubungan yang membentuk keseluruhan yang berhubungan, antara individu, kelompok, dan institusi/ pranata sangat diperlukan dalam kerja sama tim.

3 Memanfaatkan Sistem Teknologi (ST)

Teknologi Informasi dan komunikasi yang memudahkan kerja sama tim untuk mencapai tujuan organisasi.

Jika SB tidak selaras dengan SS tidak selaras dengan ST akan terjadi ketimpangan dalam organisasi.

Oleh karena itu, keteladanan pemimpin (hal yang dapat ditiru, dicontoh, baik ucapan maupun tindakannya) merupakan faktor yang sangat menentukan keberhasilan pemimpin dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.


admin

WALUYO, harry seorang pemelajar sepanjang hidup di bidang kebudayaan, pariwisata, dan ekonomi kreatif

Related Posts

Creative Economy

Perbedaan kolaborasi dan kerja sama

Perbedaan kolaborasi dan kerja sama Kolaborasi merupakan suatu kegiatan yang melibatkan dua atau lebih orang/ lembaga yang bekerja bersama-sama (work together) untuk mencapai tujuan bersama. Kerja sama adalah suatu kegiatan di mana dua atau lebih Read more…

Creative Economy

Masyarakat Sipil

Masyarakat Sipil Masyarakat Civil society adalah suatu kumpulan atau komunitas warga sipil yang terdiri atas sekelompok orang yang bekerja secara sukarela untuk mencapai tujuan yang bersifat non-profit. Mereka berusaha untuk mencapai tujuan yang berbeda-beda, mulai Read more…

Creative Economy

Prakiraan yang berlebihan

Prakiraan yang berlebihan dalam membuat prakiraan masa depan dengan menggunakan metode backcasting dan ekstrapolasi. Backcasting Backcasting adalah metode perencanaan yang dimulai dengan menentukan masa depan yang diinginkan, lalu berjalan mundur untuk mengidentifikasi kebijakan dan program yang Read more…