Kerja sama tim dilakukan oleh para anggota tim, yang bekerja sesuai dengan bidang keahliannya, akan lebih efektif dan efisien untuk mencapai tujuan organisasi.

Mengapa pemimpin mempunyai peran penting dalam kerja sama tim?

Seorang pemimpin (CEO) mampu menyelaraskan Sistem Budaya (SB), Sistem Sosial (SS), dan Sistem Teknologi (ST) untuk mencapai tujuan organisasi.

Seorang pemimpin yang visioner akan menetapkan visi yang akan dicapai di masa depan dan tahu bagaimana cara mencapai visi tersebut.

Bagaimana cara mencapai visi tersebut?

1 Menyepakati Sistem Budaya (SB)

Nilai budaya, norma sosial, aturan, dan hukum, yang digunakan sebagai pedoman bertindak bersama.

2 Mewujudkan Sistem Sosial (SS)

Jejaring sosial yang terpola dari hubungan yang membentuk keseluruhan yang berhubungan, antara individu, kelompok, dan institusi/ pranata sangat diperlukan dalam kerja sama tim.

3 Memanfaatkan Sistem Teknologi (ST)

Teknologi Informasi dan komunikasi yang memudahkan kerja sama tim untuk mencapai tujuan organisasi.

Jika SB tidak selaras dengan SS tidak selaras dengan ST akan terjadi ketimpangan dalam organisasi.

Oleh karena itu, keteladanan pemimpin (hal yang dapat ditiru, dicontoh, baik ucapan maupun tindakannya) merupakan faktor yang sangat menentukan keberhasilan pemimpin dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.


admin

WALUYO, harry seorang pemelajar sepanjang hidup di bidang kebudayaan, pariwisata, dan ekonomi kreatif

Related Posts

News

Tahlil dan Istighfar

Iblis menggoda manusia melalui hawa nafsu sehingga manusia mengira bahwa dirinya mendapat petunjuk. Karenanya, perbanyaklah membaca Tahlil (la ilaha illallah) dan Istighfar (astaghfirullah wa atubu ilaih) karena kedua kalimah itu akan membinasakan iblis. Dalam hadis Read more…

Enactment

Orang-orang yang paling merugi perbuatannya

Katakanlah (Muhammad), “Apakah akan Kami beritahukan kepadamu tentang orang-orang yang paling merugi perbuatannya?” Yaitu orang-orang yang telah sia-sia perbuatannya dalam kehidupan dunia ini, sedangkan mereka menyangka bahwa mereka berbuat sebaik-baiknya. (QS. Al-Kahfi, Ayat 103-104)  Sesungguhnya Read more…

Creative Economy

Strategi untuk mencapai Visi Industri 4.0 dan Society 5.0

Strategi untuk mencapai Visi Industri 4.0 dan Society 5.0 Untuk mewujudkan Visi tersebut diperlukan kepemimpinan (leadership), penyelarasan nilai (value alignment), organisasi (organization), dan kerja tim (team work), yang didukung seperangkat keterampilan (skill set) dan teknologi Read more…