Kerja sama tim dilakukan oleh para anggota tim, yang bekerja sesuai dengan bidang keahliannya, akan lebih efektif dan efisien untuk mencapai tujuan organisasi.

Mengapa pemimpin mempunyai peran penting dalam kerja sama tim?

Seorang pemimpin (CEO) mampu menyelaraskan Sistem Budaya (SB), Sistem Sosial (SS), dan Sistem Teknologi (ST) untuk mencapai tujuan organisasi.

Seorang pemimpin yang visioner akan menetapkan visi yang akan dicapai di masa depan dan tahu bagaimana cara mencapai visi tersebut.

Bagaimana cara mencapai visi tersebut?

1 Menyepakati Sistem Budaya (SB)

Nilai budaya, norma sosial, aturan, dan hukum, yang digunakan sebagai pedoman bertindak bersama.

2 Mewujudkan Sistem Sosial (SS)

Jejaring sosial yang terpola dari hubungan yang membentuk keseluruhan yang berhubungan, antara individu, kelompok, dan institusi/ pranata sangat diperlukan dalam kerja sama tim.

3 Memanfaatkan Sistem Teknologi (ST)

Teknologi Informasi dan komunikasi yang memudahkan kerja sama tim untuk mencapai tujuan organisasi.

Jika SB tidak selaras dengan SS tidak selaras dengan ST akan terjadi ketimpangan dalam organisasi.

Oleh karena itu, keteladanan pemimpin (hal yang dapat ditiru, dicontoh, baik ucapan maupun tindakannya) merupakan faktor yang sangat menentukan keberhasilan pemimpin dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.


admin

WALUYO, harry seorang pemelajar sepanjang hidup di bidang kebudayaan, pariwisata, dan ekonomi kreatif

Related Posts

Art and Culture

Proses Globalisasi, Digitalisasi, dan Transformasi Sosial

Proses globalisasi, digitalisasi, dan transformasi sosial telah mengakibatkan fenomena budaya yang serupa di seluruh dunia, yang saat ini didominasi negara maju melalui berbagai media yang dapat diakses di seluruh dunia.  Fenomena globalisasi, digitalisasi, dan transformasi Read more…

Creative Economy

Bisnis Kuliner dalam Ekonomi Kreatif

Dalam sebuah diskusi terbatas tentang Ekonomi Kreatif disampaikan pertanyaan yang menarik, “Apakah bisnis kuliner termasuk ekonomi kreatif ?” Pertanyaan itu tidak hanya disampaikan di lingkungan terbatas di dalam negeri, bahkan sering ditanyakan setiap kali bertemu Read more…

News

Merawat Persatuan Bangsa dalam Bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia

Merawat persatuan bangsa dalam bingkai negara kesatuan Republik Indonesia merupakan keniscayaan karena Indonesia beragam bahasa, suku bangsa, bangsa, agama dan kepercayaan, warna kulit, dan golongan sosial, yang membuat Indonesia unik di mata dunia. Kunci merawat Read more…