Pandemi Corona tidak hanya mengancam kehidupan, tetapi juga penghidupan hampir di seluruh dunia. Bukan pilihan yang mudah, mana yang lebih penting dan mendesak, kehidupan atau penghidupan, seperti buah simalakama, keduanya saling membutuhkan.

Begitu rentannya penghidupan manusia yang dibangun dengan pilar-pilar ekonomi yang kukuh, tiba-tiba runtuh dengan pandemi corona. Pertanyaannya, kapan pandemi ini akan berakhir?

Ibarat perang dengan musuh yang tidak kasat mata, segala upaya pencegahan dengan protokol kesehatan dan aktivitas ekonomi sedang menghadapi ujian terakhir, apakah kita akan menang atau menjadi pecundang?

Artikel ini diberi judul “Benteng Terakhir.” Ketika prajurit tumbang satu per satu, para ksatria mengatur strategi dengan membangun benteng-benteng pertahanan agar musuh tidak menembus jantung kehidupan dan penghidupan, sekali lagi kita bertanya, sampai kapan kita mampu bertahan?

Virus SARS CoV-2 telah menyerang manusia dari ruang publik, menembus ruang sosial, sampai ke ruang individu, ibarat sebuah film, yang dipercaya sebagai puncak kreativitas seni, telah mengubah pola pikir dan pola perilaku manusia, kalau tidak kuat imannya akan runtuh, moralnya akan rusak, dan perilakunya semakin tidak terkendali karena sumber daya semakin terbatas. Benteng terakhir yang perlu dirawat, dipelihara, dan dijaga dari serangan virus corona adalah keluarga. Sebagai unit sosial terkecil dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, keluarga yang mampu bertahan dalam pandemi ini adalah keluarga yang bertanggung jawab dalam melakukan protokol kesehatan, memenuhi kebutuhan pangan secara mandiri, dan menjalankan aktivitas ekonomi dari rumah dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.

Related Posts

Creative Economy

Bisnis Kuliner dalam Ekonomi Kreatif

Dalam sebuah diskusi terbatas tentang Ekonomi Kreatif disampaikan pertanyaan yang menarik, “Apakah bisnis kuliner termasuk ekonomi kreatif ?” Pertanyaan itu tidak hanya disampaikan di lingkungan terbatas di dalam negeri, bahkan sering ditanyakan setiap kali bertemu Read more…

Enactment

Kerja Sama Tim

Kerja sama tim dilakukan oleh para anggota tim, yang bekerja sesuai dengan bidang keahliannya, akan lebih efektif dan efisien untuk mencapai tujuan organisasi. Mengapa pemimpin mempunyai peran penting dalam kerja sama tim? Seorang pemimpin (CEO) Read more…

News

Merawat Persatuan Bangsa dalam Bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia

Merawat persatuan bangsa dalam bingkai negara kesatuan Republik Indonesia merupakan keniscayaan karena Indonesia beragam bahasa, suku bangsa, bangsa, agama dan kepercayaan, warna kulit, dan golongan sosial, yang membuat Indonesia unik di mata dunia. Kunci merawat Read more…