Industri Jasa & Jasa Kreatif; KBLI & KBJI

Industri Jasa

industri/in·dus·tri/ n kegiatan memproses atau mengolah barang dengan menggunakan sarana dan peralatan, misal mesin

— jasa industri dalam bidang jasa (seperti perhotelan, perjalanan wisata, periklanan, desain, arsitek);

— konstruksi industri yang berhubungan dengan rancang bangun (bangunan, gedung, dsb);

— manufaktur industri yang memproduksi barang dengan menggunakan tangan atau mesin;

— pariwisata usaha di bidang pariwisata (seperti  hotel, biro perjalanan, restoran); (sumber: KBBI)

— kreatif sebuah industri yang berawal dari kreativitas, keahlian, dan bakat individual, yang potensial untuk menciptakan lapangan kerja, kesejahteraan melalui eksploitasi kekayaan intelektual dan konten (sumber: UK, Creative Industries Taskforce, 1998)

Catatan:

Industri kreatif adalah usaha di bidang arsitektur; periklanan; desain; seni rupa; seni pertunjukan; musik; film, video, animasi; fotografi; desain; kerajinan/kriya; permainan interaktif; riset dan pengembangan; teknologi informasi; penerbitan; pasar barang seni —> jumlah unit usaha

usaha/usa·ha/ n kegiatan di bidang perdagangan (dengan maksud mencari untung); perdagangan; perusahaan:

Catatan:

Sebagian besar orang memang menyampuradukkan istilah “industri = processing” dan “lapangan usaha = segala jenis kegiatan usaha.” Namun, karena sulit mengubahnya sehingga yang dikenal adalah “proses pengolahan” yang disebut sebagai “industri manufaktur” (Sasmito, BPS)

Jasa Kreatif

Ekonomi; aktivitas, kemudahan, manfaat, dsb yang dapat dijual kepada orang lain (konsumen) yang menggunakan atau menikmatinya; (KBBI)

Jasa kreatif, misalnya jasa periklanan, jasa desain, jasa arsitek, jasa riset dan pengembangan, jasa budaya, jasa hiburan  (UNCTAD)

KBLI & KBJI

KBLI adalah Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia, yang digunakan sebagai dasar untuk  menghitung Produktivitas, PDB, Tenaga Kerja, Ekspor, Impor, dan Konsumsi di bidang ekonomi kreatif.

KBJI adalah Klasifikasi Baku Jabatan Indonesia

Pekerja Kreatif adalah orang yang bekerja di bidang industri kreatif.

Dalam penghitungan statistik ekonomi kreatif, KBJI belum digunakan untuk menghitung tingkat kesejahteraan pekerja kreatif.

Categories: Arts

0 thoughts on “Industri Jasa Kreatif”

Leave a Reply

Related Posts

Arts

Sepasang Sepatu

1. Bentuknya tidak persis sama, namun serasi. 2. Saat berjalan mempunyai gaya yang berbeda, tetapi tujuannya sama. 3. Tidak pernah berganti posisi, namun saling melengkapi. 4. Tidak pernah berganti pasangan, walaupun pasangannya sudah terlihat usang. Read more…

Arts

Cara Menjual Sisir Kepada Orang Botak

Sebuah perusahaan membuat tes terhadap tiga calon staf penjual barunya. Tesnya unik, yaitu: menjual sisir di kompleks Biara Shaolin. Tentu saja, ini cukup unik karena para Biksu di sana semuanya gundul (botak) dan tidak membutuhkan Read more…

Arts

Melihat dengan Telinga dan Mendengar dengan Mata

Ada yang salah dengan judul artikel ini? Tidak, tidak ada yang salah, kalimat itu mengalir dari seorang penyanyi legendaris, si Burung Camar, siapa lagi kalau bukan Vina Panduwinata. Dalam satu perjalanan di dalam pesawat, saya Read more…