Industri Jasa & Jasa Kreatif; KBLI & KBJI

Industri Jasa

industri/in·dus·tri/ n kegiatan memproses atau mengolah barang dengan menggunakan sarana dan peralatan, misal mesin

— jasa industri dalam bidang jasa (seperti perhotelan, perjalanan wisata, periklanan, desain, arsitek);

— konstruksi industri yang berhubungan dengan rancang bangun (bangunan, gedung, dsb);

— manufaktur industri yang memproduksi barang dengan menggunakan tangan atau mesin;

— pariwisata usaha di bidang pariwisata (seperti  hotel, biro perjalanan, restoran); (sumber: KBBI)

— kreatif sebuah industri yang berawal dari kreativitas, keahlian, dan bakat individual, yang potensial untuk menciptakan lapangan kerja, kesejahteraan melalui eksploitasi kekayaan intelektual dan konten (sumber: UK, Creative Industries Taskforce, 1998)

Catatan:

Industri kreatif adalah usaha di bidang arsitektur; periklanan; desain; seni rupa; seni pertunjukan; musik; film, video, animasi; fotografi; desain; kerajinan/kriya; permainan interaktif; riset dan pengembangan; teknologi informasi; penerbitan; pasar barang seni —> jumlah unit usaha

usaha/usa·ha/ n kegiatan di bidang perdagangan (dengan maksud mencari untung); perdagangan; perusahaan:

Catatan:

Sebagian besar orang memang menyampuradukkan istilah “industri = processing” dan “lapangan usaha = segala jenis kegiatan usaha.” Namun, karena sulit mengubahnya sehingga yang dikenal adalah “proses pengolahan” yang disebut sebagai “industri manufaktur” (Sasmito, BPS)

Jasa Kreatif

Ekonomi; aktivitas, kemudahan, manfaat, dsb yang dapat dijual kepada orang lain (konsumen) yang menggunakan atau menikmatinya; (KBBI)

Jasa kreatif, misalnya jasa periklanan, jasa desain, jasa arsitek, jasa riset dan pengembangan, jasa budaya, jasa hiburan  (UNCTAD)

KBLI & KBJI

KBLI adalah Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia, yang digunakan sebagai dasar untuk  menghitung Produktivitas, PDB, Tenaga Kerja, Ekspor, Impor, dan Konsumsi di bidang ekonomi kreatif.

KBJI adalah Klasifikasi Baku Jabatan Indonesia

Pekerja Kreatif adalah orang yang bekerja di bidang industri kreatif.

Dalam penghitungan statistik ekonomi kreatif, KBJI belum digunakan untuk menghitung tingkat kesejahteraan pekerja kreatif.

Categories: Arts

0 thoughts on “Industri Jasa Kreatif”

Leave a Reply

Related Posts

Arts

Mendongkrak Pertumbuhan Ekonomi Nasional

Lembaga dunia yang menangani perdagangan dan pembangunan, UNCTAD (2013), percaya bahwa untuk meningkatkan kontribusi terhadap perdagangan dunia, perlu melakukan ‘leap-frog’ ke dalam penciptaan kemakmuran. Kekuatan baru yang dapat melakukan ‘leap-frog’ adalah ekonomi kreatif, yang diyakini Read more…

Arts

Keris Indonesia ditinjau dari Perspektif Agama, Ilmu Pengetahuan, dan Pengetahuan Budaya.

Kebenaran adalah suatu keadaan yang dapat diterima akal lahir dan akal batin. Akal lahir artinya dapat dibuktikan secara empiris, sedangkan akal batin artinya dapat dibuktikan dengan keyakinan. Kebenaran tertinggi bersumber dari Yang Mahapencipta alam semesta Read more…

Arts

Melek Budaya untuk Pembangunan Berkelanjutan

Agenda UNESCO, 2015-2030 untuk Pembangunan Berkelanjutan UNESCO bekerja untuk mendorong dialog dan saling pengertian di antara orang-orang di seluruh dunia. Di dalam dunia yang rawan, sebuah perdamaian yang dibangun di atas pemerintahan yang mengutamakan kepentingan Read more…