Mengapa Angklung Indonesia perlu direvitalisasi?

Angklung Indonesia terinskripsi sebagai Warisan budaya takbenda UNESCO pada tahun 2010 dalam Representative List of Intangible Cultural Heritage of Humanity.

Pusat penyebaran Angklung Indonesia di Jawa Barat, kemudian menyebar ke 14 provinsi di seluruh Indonesia.

Sejak pandemi Covid-19, Saung Angklung Udjo, ikon seni dan budaya sunda di Jawa Barat itu sangat berkurang pengunjungnya sehingga kondisinya saat ini terancam punah.

Saran untuk pelindungam Angklung Indonesia sebagai berikut.

  1. Masukkan Angklung Indonesia ke dalam kurikulum pembelajaran jarak jauh (metode pembelajaran Angklung Indonesia jarak jauh) bekerja sama dengan Institut Seni Bandung Indonesia (ISBI), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), dan Akademi Bahasa Asing.
  2. Tingkatkan kesadaran di dalam komunitas Angklung Indonesia tentang arti pentingnya Angklung Indonesia sebagai identitas budaya Indonesia yang dibanggakan sejak Angklung Indonesia terinskripsi dalam Representative List of Intangible Cultural Heritage of Humanity UNESCO, 2010, melalui kegiatan Revitalisasi Angklung Indonesia, bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan up. Direktorat Pelindungan, Ditjen Kebudayaan dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat up. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat.
  3. Promosikan Angklung Indonesia melalui media mainstream (televisi) dan internet (YouTube, Instagram, Facebook) agar Angklung Indonesia tetap hidup di dalam komunitasnya dan di lingkungan masyarakat penggemarnya, baik di Indonesia maupun luar negeri, bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (promosi) dan Kementerian Luar Negeri (diplomasi budaya)

Related Posts

Enactment

Pedoman Penelitian Kebijakan

Sebuah pemikiran tentang pedoman penelitian kebijakan. Pemikiran ini berdasarkan pengalaman menangani masalah kebijakan, implementasi kebijakan, dan evaluasi kebijakan dengan menggunakan pendekatan Manajemen Strategis, Kebijakan Publik, dan Metodologi Balanced ScoreCard. Perbedaan penelitian sosial dan penelitian kebijakan Read more…

Creative Economy

Dasbor Ekonomi Kreatif

Dasbor ekonomi kreatif berbasis rantai nilai ekonomi kreatif sebagai berikut. Pelaku Kreatif dan Penciptaan Nilai (dari kreativitas nilai budaya, kreativitas nilai tambah ekonomi, dan kreativitas nilai kebenaran sains, yang bermuara pada kreativitas nilai kebenaran sains Read more…

Creative Economy

Pemulihan Ekonomi Kreatif di Masa Pandemi Covid-19

Strategi pemulihan ekonomi kreatif di masa pandemi covid-19 berdasarkan rantai nilai ekonomi kreatif berbasis kekayaan intelektual dan mempunyai nilai bisnis sebagai berikut. Pengembangan Potensi Pelaku Kreatif dan Penciptaan Nilai (berawal dari kreativitas nilai budaya, kreativitas Read more…