Apakah sistem pendidikan nasional kita akan menghasilkan pencari kerja, siap kerja, atau pencipta lapangan kerja?

Peta strategi balanced scorecard menempatkan sumber daya manusia sebagai aktor utama yang paling menentukan keberhasilan, selain informasi dan organisasi.

Kunci keberhasikan organisasi ada pada kepemimpinan, mulai dari pemimpin yang tertinggi (CEO) sampai yang terendah (manajer terendah).

Ciri kepemimpinan yang baik antara lain mempunyai visi yang jelas (smart) dan tahu bagaimana strategi untuk mencapainya.

Seperti sebuah peperangan, tidak semua strategi perang diketahui oleh lawan, seringkali strategi untuk memenangkan suatu peperangan dilakukan secara terbuka (diketahui lawan), misalnya peralatan perang dan panglima perang, sedangkan yang tertutup (tidak diketahui lawan), misalnya rencana strategis bobotnya hanya 20%, pelaksanaan (taktik) bobotnya 60%, dan pemantauan bobotnya 20%.

Setiap peperangan, baik perang fisik (militer) maupun non-fisik (diplomasi), telah memerhitungkan faktor ancaman dan peluang, di samping faktor kekuatan dan kelemahan, sebelum menentukan strategi yang paling efektif dan efisien untuk memenangkan peperangan.

Saat ini peperangan tidak lagi mengandalkan kekuatan fisik (militer) semata, tetapi juga menggunakan kekuatan teknologi dan informasi, seperti penginderaan jarak jauh (satelit), internet, kecerdasan buatan, dan data besar.

Perang dagang (ecommerce) adalah bentuk peperangan baru, bersifat non-fisik, yang mengandalkan internet, kecerdasan buatan, dan data besar, yang saat ini dikuasai oleh negara maju, seperti Amerika Serikat dan China.

Jika sumber daya manusia yang ada saat ini tidak menguasai teknologi dan informasi, seperti internet, kecerdasan buatan, dan data besar, kita hanya akan menjadi konsumen atau pasar dari negara-negara maju.

Strategi untuk menghadapi perang dagang dengan mempersiapkan sumber daya manusia melalui sistem pembelajaran baru, yang akan menghasilkan manusia unggul, apakah sebagai pencari kerja (job seeker), pekerja siap kerja (ready to work, link and match) atau pencipa lapangan kerja (job creator).

Sebagai pencari kerja (job seeker) akan menambah jumlah pengangguran karena jumlah pekerjaan tidak bertambah, sementara lulusan sekolah umum terus bertambah.

Sebagai pekerja yang siap kerja (ready to work atau link and match) sangat dibutuhkan sektor publik dan swasta, pekerjaannya juga terbatas.

Sebagai pencipta lapangan kerja (job creator) akan membuka peluang kerja secara eksponensial, biasanya dilakukan oleh orang-orang kreatif yang berjiwa wirausaha (creativepreneur).


admin

WALUYO, harry seorang pemelajar sepanjang hidup di bidang kebudayaan, pariwisata, dan ekonomi kreatif

Related Posts

Art and Culture

10 Perbedaan antara Startup dengan UMKM

Oleh Melisa Marzett*) Jika Anda pernah bekerja di bidang teknologi atau terbiasa dengannya, kemungkinan besar Anda mengenal pengusaha yang meluncurkan Startup baru tanpa henti. Pernahkah Anda bertanya pada diri sendiri apa sebenarnya Startup itu? Apakah Read more…

Art and Culture

Tren Global 2045

Kehidupan kita dan dunia tempat kita tinggal hampir pasti akan berubah selama 30 tahun ke depan, dengan dampak yang dirasakan oleh semua orang. Kami mungkin akan hidup lebih lama dan tahu lebih banyak. Pada tahun Read more…

Art and Culture

Manajemen Terpadu Warisan Budaya Hidup

Manajemen terpadu warisan budaya hidup (living heritage management) adalah nama lain dari warisan budaya takbenda (intangible cultural heritage management) dilakukan oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah, organisasi non-pemerintah (NGOs), ahli, komunitas, dan pengguna. Pemerintah Pusat Pemerintah Read more…