Dasbor ekonomi kreatif berbasis rantai nilai ekonomi kreatif sebagai berikut.

Pelaku Kreatif dan Penciptaan Nilai (dari kreativitas nilai budaya, kreativitas nilai tambah ekonomi, dan kreativitas nilai kebenaran sains, yang bermuara pada kreativitas nilai kebenaran sains yang diimplementasikan untuk tujuan praktis dengan menggunakan teknologi), yang dilindungi kekayaan intelektual dan dimonetisasi untuk tujuan komersial

jumlah pelaku kreatif (tenaga kerja) (sumber data: Asosiasi Industri Kreatif, Survei Angkatan Kerja, BPS)
jumlah usaha rintisan (start up) yang mengembangkan bisnis ekonomi kreatif berbasis kekayaan intelektual ((hak cipta, hak indikasi geografis, hak rahasia dagang, hak paten, hak desain industri, dan hak merek) (sumber data: Asosiasi Industri Kreatif, Survei BPS)

Kebijakan dan Perencanaan Terintegrasi

smart/omspan (Kemenkeu), e-monev (PPN/Bappenas), e-performance (PANRB), SPIP (BPKP) yang mendukung pengembangan bisnis ekonomi kreatif berbasis kekayaan intelektual.

Catatan:

Kebijakan dan perencanaan terintegrasi adalah membangun bisnis ekonomi kreatif berbasis kekayaan intelektual bersama para pihak, yaitu pemerintah (pusat-pusat, pusat-daerah), industri kreatif, dan komunitas kreatif

Pengembangan Produk dan Pengemasan, yang dilindungi kekayaan intelektual, dimonetisasi untuk tujuan komersial, dan lingkungan berkelanjutan.

jumlah barang/ jasa dan pengemasan yang dilindungi kekayaan intelektual (Intellectual Property/ IP) (sumber data: Ditjen Kekayaan Intelektual)

Pemasaran dan Promosi, yang dilindungi kekayaan intelektual, dimonetisasi untuk tujuan komersial

nilai penjenamaan (brand value) dan ekuitas penjenamaan (brand equity) (sumber data: industri kreatif dan survei BPS)

jumlah iklan komersial yang menargetkan segmen pasar tertentu di media cetak dan elektronik (sumber data: perusahaan periklanan, survei BPS)

Distribusi (marketplace) dan Penjualan (ecommerce)

jumlah pendapatan dari transaksi perdagangan barang/ jasa di marketplace melalui transaksi elektronik (ecommerce), yang dilindungi kekayaan intelektual dan dimonetisasi untuk tujuan komersial.

Keterangan:

Cara mengukur brand valuation atau value of a brand’s

Formula:

V = F x R x S

F = Financial performace dapat dihitung melalui profit ekonomi atau F= laba operasi bersih setelah pajak dikurangi biaya modal rata-rata industri.

R = Role of Brand yang mengukur bagian purchase decisions dalam sebuah brand

S = Strength of Brand yang mengukur kemampuan brand dalam pencapaian expected earnings di masa yang akan datang

Ekuitas Penjenamaan (Brand Equity)

Ekuitas penjenamaan adalah nilai produk barang/ jasa inovatif, yang membuat pelanggan puas dan menghargai kualitas, sehingga penjualan produk/ jasa inovatif meningkat.

PDB Ekonomi Kreatif berbasis kekayaan intelektual dapat dilihat di sini:

https://www.wipo.int/ipstats/en/statistics/country_profile/profile.jsp?code=ID


admin

WALUYO, harry seorang pemelajar sepanjang hidup di bidang kebudayaan, pariwisata, dan ekonomi kreatif

Related Posts

Enactment

Pedoman Penelitian Kebijakan

Sebuah pemikiran tentang pedoman penelitian kebijakan. Pemikiran ini berdasarkan pengalaman menangani masalah kebijakan, implementasi kebijakan, dan evaluasi kebijakan dengan menggunakan pendekatan Manajemen Strategis, Kebijakan Publik, dan Metodologi Balanced ScoreCard. Perbedaan penelitian sosial dan penelitian kebijakan Read more…

Art and Culture

Revitalisasi Angklung Indonesia

Mengapa Angklung Indonesia perlu direvitalisasi? Angklung Indonesia terinskripsi sebagai Warisan budaya takbenda UNESCO pada tahun 2010 dalam Representative List of Intangible Cultural Heritage of Humanity. Pusat penyebaran Angklung Indonesia di Jawa Barat, kemudian menyebar ke Read more…

Creative Economy

Pemulihan Ekonomi Kreatif di Masa Pandemi Covid-19

Strategi pemulihan ekonomi kreatif di masa pandemi covid-19 berdasarkan rantai nilai ekonomi kreatif berbasis kekayaan intelektual dan mempunyai nilai bisnis sebagai berikut. Pengembangan Potensi Pelaku Kreatif dan Penciptaan Nilai (berawal dari kreativitas nilai budaya, kreativitas Read more…