Sebuah perusahaan membuat tes terhadap tiga calon staf penjual barunya.

Tesnya unik, yaitu: menjual sisir di kompleks Biara Shaolin.

Tentu saja, ini cukup unik karena para Biksu di sana semuanya gundul (botak) dan tidak membutuhkan sisir.

Kesulitan ini juga yang membuat calon pertama hanya mampu menjual satu sisir. Itupun karena belas kasihan seorang biksu yang iba melihatnya.

Tapi, tidak dengan calon kedua. Ia berhasil menjual 10 sisir, ia tidak menawarkan kepada para biksu, tetapi kepada para turis yang ada di kompleks itu, mengingat angin di sana memang besar sehingga sering membuat rambut para turis menjadi awut-awutan.

Lalu bagaimana dengan calon ketiga? Ternyata Ia berhasil menjual 500 sisir!!!

Caranya..? Ia menemui Kepala Biara.

Ia berupaya meyakinkan Kepala Biara, sisir ini dapat menjadi suvenir bagus untuk kompleks biara tersebut. Kepala Biara dapat membubuhkan tanda tangan di atas sisir-sisir tersebut dan menjadikannya suvenir bagi para turis. Sang Kepala Biara pun setuju.

Sahabatku yang baik…
Apa yang sering kita anggap sebagai penghambat terbesar dalam usaha atau karier?

Bukankah kita sering kali menyalahkan keadaan?

Dan inilah yang membuat calon pertama gagal. Sementara calon kedua, sudah berpikir lebih maju.

Namun, calon kedua masih terpaku pada fungsi sisir yang hanya sebagai alat merapikan rambut.

Tetapi, calon ketiga sudah berani berfikir di luar kotak (THINKING OUT OF THE BOX), berfikir di luar kelaziman…

Dia bukan hanya berani berfikir bahwa sisir bukan hanya alat merapikan rambut, melainkan dapat menjadi suvenir.

“Kita tidak dapat mengatur situasi seperti yang kita kehendaki. Tetapi, kita dapat mengerahkan segenap potensi yang kita miliki untuk mencari solusi.”

“Segenap potensi itu” bukan hanya kerja otot atau kerja keras, tetapi juga kerja otak dengan menggunakan pikiran, ilmu, intuisi, dan kerja cerdas untuk mewujudkannya.

Singkat kata, menggunakan kreatifitas akal, kesabaran, dan ketekunan. Itulah potensi di dalam diri kita yang luar biasa.

Jika ada KEMAUAN, pasti ada JALAN… (When there is a will, there is a way)

Jadi, kalau ada yang mengatakan, tidak ada jalan, berarti dia belum yakin bahwa Tuhan selalu mengikuti keinginan hamba Nya yang bersungguh-sungguh mewujudkan impiannya.

Jika Anda dapat memimpikannya, Anda dapat mewujudkannya (Walt Disney)

Selamat berkreasi dan berinovasi
SALAM KREATIF

Atas kebaikan seorang sahabat yang kreatif dan inovatif

Related Posts

Sustainable Tourism

Bagaimana mengomunikasikan sebuah branding destinasi pariwisata?

Seri: Pemasaran dan Manajemen Destinasi Pariwisata Kata Kunci: Positioning (P) Image (I) Branding (B) Tujuan: Menawarkan produk dan layanan yang unik di sebuah destinasi pariwisata. TKD (Tata Kelola Destinasi) adalah kolaborasi dari unsur pemerintah, pemerintah Read more…

Environmentally Friendly

Apa itu “Pariwisata Kreatif?”

“Pariwisata yang menawarkan pengunjung kesempatan untuk mengembangkan potensi kreatif mereka melalui partisipasi aktif dalam kursus-kursus dan pengalaman belajar yang merupakan karakteristik dari tujuan liburan yang mereka lakukan.” (Greg Richards dan Julie Wilson) Pariwisata kreatif adalah Read more…

Environmentally Friendly

Bisnis Pariwisata

Seri: Pemasaran Destinasi Pariwisata Banyak bisnis pariwisata dan berbagai usaha pariwisata (industri pariwisata) menawarkan produk dan layanan, yang saling mengisi daripada saling bersaing satu dengan yang lainnya. Mereka mengombinasikan produk dan layanan, yang saling melengkapi Read more…