Seri: Pemasaran Destinasi Pariwisata

Banyak bisnis pariwisata dan berbagai usaha pariwisata (industri pariwisata) menawarkan produk dan layanan, yang saling mengisi daripada saling bersaing satu dengan yang lainnya.

Mereka mengombinasikan produk dan layanan, yang saling melengkapi satu dengan yang lainnya, yang ditawarkan kepada pengunjung (wisatawan) yang mengejar kepuasan atau yang sedang melakukan perjalanan bisnis.

Dari Wisatawan Potensial ke Produk Pariwisata

1. Wisatawan mempunyai kebutuhan, motivasi, dan persepsi untuk memilih perjalanan.

2. Dalam memilih perjalanan, wisatawan mempunyai daya beli berdasarkan karakteristik wisatawan meliputi segmen perjalanan utama, arus perjalanan, dan moda transportasi.

3. Berdasarkan hal tersebut di atas, sebuah destinasi pariwisata, membuat rencana pengembangan destinasi pariwisata dan tata kelola destinasi pariwisata, dengan menetapkan kebijakan, menyusun perencanaan, pengawasan, pengembangan, dan pelayanan berbagai kegiatan kepariwisataan, dengan menekankan prinsip pariwisata berkelanjutan, yang mencakup aspek lingkungan alam, sosial-budaya, dan ekonomi, yang dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat di destinasi pariwisata.

4. Berdasarkan hal tersebut di atas, sebuah produk pariwisata dipasarkan dengan menggunakan strategi, perencanaan, promosi, dan distribusi.

Berbagai destinasi pariwisata, bisnis pariwisata, dan fasilitas ditawarkan kepada wisatawan potensial dengan menggunakan saluran promosi dan distribusi yang efektif, yang akan mendorong wisatawan untuk melakukan perjalanan.

Sumber:
Diolah dari Model Sistem Pariwisata


0 thoughts on “Bisnis Pariwisata”

Leave a Reply

Related Posts

Enactment

Menata Kehidupan Berbangsa, Bernegara, dan Bermasyarakat

Tujuh pilar kehidupan berbangsa, bernegara, dan bermasyarakat 1. Hukum berkepentingan dalam mengatur kehidupan berbangsa (deklarasi universal hak asasi manusia), bernegara (konstitusi), dan bermasyarakat (hak berbudaya dan beragama, dilindungi konstitusi). 2. Politik berkepentingan untuk meraih, mengelola, Read more…

Sustainable Tourism

Bagaimana mengomunikasikan sebuah branding destinasi pariwisata?

Seri: Pemasaran dan Manajemen Destinasi Pariwisata Kata Kunci: Positioning (P) Image (I) Branding (B) Tujuan: Menawarkan produk dan layanan yang unik di sebuah destinasi pariwisata. TKD (Tata Kelola Destinasi) adalah kolaborasi dari unsur pemerintah, pemerintah Read more…

Environmentally Friendly

Apa itu “Pariwisata Kreatif?”

“Pariwisata yang menawarkan pengunjung kesempatan untuk mengembangkan potensi kreatif mereka melalui partisipasi aktif dalam kursus-kursus dan pengalaman belajar yang merupakan karakteristik dari tujuan liburan yang mereka lakukan.” (Greg Richards dan Julie Wilson) Pariwisata kreatif adalah Read more…