Ekonomi kreatif memiliki nilai komersial dan nilai budaya. Pengakuan atas nilai ganda tersebut telah menyebabkan pemerintah di seluruh dunia memperluas dan mengembangkan ekonomi kreatif mereka sebagai bagian dari strategi diversifikasi ekonomi dan upaya untuk merangsang pertumbuhan ekonomi, kemakmuran, dan kesejahteraan (Mukhisa Kituyi Secretary-General of UNCTAD, 2018).

Definisi Nilai Budaya

Nilai Budaya adalah konsep abstrak mengenai masalah dasar yang sangat penting dan bernilai dalam kehidupan manusia.

Masalah dasar yang sangat penting dan bernilai dalam kehidupan manusia, yaitu nilai yang berhubungan dengan hidup, nilai yang berhubungan dengan alam, nilai yang berhubungan dengan manusia, nilai yang berhubungan dengan waktu, dan nilai yang berhubungan dengan kerja.

Definisi Ekonomi Kreatif menurut UNCTAD, 2010

Ekonomi kreatif diasuh secara memadai, kreativitas mendorong budaya, menanamkan pengembangan yang berpusat pada manusia, merupakan bahan baku untuk menciptakan lapangan kerja, inovasi dan perdagangan, disamping berkontribusi pada inklusi sosial (seluruh masyarakat), kelestarian lingkungan, keberagaman budaya, dan pembangunan berkelanjutan.

Definisi Ekonomi Kreatif menurut Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2019 tentang Ekonomi Kreatif

Ekonomi kreatif adalah perwujudan nilai tambah dari kekayaan intelektual yang bersumber dari kreativitas manusia yang berbasis warisan budaya, ilmu pengetahuan dan/ atau teknologi.

Catatan:

Nilai Tambah (value added) adalah selisih harga penjualan dengan biaya produksi barang atau jasa, yang dikerjakan dengan tangan dan/ atau mesin.

Kekayaan intelektual meliputi hak indikasi geografis, hak cipta, hak paten, hak desain industri, hak merek, hak sirkuit terintegrasi, dan hak rahasia dagang.

Warisan Budaya meliputi warisan alam dan budaya dunia (world heritage culture) serta warisan budaya hidup (living heritage)

Kreativitas

Kreativitas dalam ekonomi saat ini terdiri atas kreativitas budaya (nilai, ide/ gagasan, pengetahuan budaya), kreativitas ekonomi (nilai tambah), kreativitas ilmu pengetahuan, dan kreativitas teknologi (penerapan ilmu pengetahuan untuk tujuan praktis atau industri), yang saling memengaruhi satu dengan yang lain (KEA, European Affairs, 2006:42).

Definisi Industri Kreatif

Industri kreatif adalah industri yang datang dari kreativitas, keahlian, bakat individu, yang potensial menciptakan lapangan kerja dan kemakmuran melalui eksploitasi kekayaan intelektual dan konten (UK, Creative Industries Task Force, 1998)

Definisi Industri Budaya

Industri budaya adalah aktivitas-aktivitas yang mencakup reproduksi massal dari nilai-nilai ekspresif yang dilindungi hak cipta (Work Foundation, 2007)

Model Lingkaran Konsentrik

1. Lingkaran inti yang berada di tengah lingkaran adalah nilai-nilai ekspresif yang dilindungi hak cipta (DNA Ekonomi Kreatif).

2. Lingkaran kedua adalah industri budaya (reproduksi massal yang dilindungi hak cipta)

3. Lingkaran ketiga adalah industri kreatif (menggunakan nilai-nilai ekspresif yang telah dilindungi hak cipta)

4. Lingkaran keempat (terluar) adalah ekonomi kreatif atau industri 4.0

Ekonomi Kreatif atau Ekonomi Baru adalah industri manufaktur (memproduksi barang dan jasa dengan menggunakan tangan dan/ atau mesin), yang mendapat manfaat dari eksploitasi nilai ekspresif yang telah dilindungi hak cipta, yang dihasilkan oleh industri kreatif (diadaptasi dari Work Foundation, 2007:103)

Related Posts

Art and Culture

Keputusan Kreatif

Apakah Big Data dapat diandalkan untuk pemecahan masalah? Pengertian Big Data (Data Besar) adalah istilah yang dipakai untuk mendeskripsikan kumpulan data yang terstruktur, semi-terstruktur, hingga tidak terstruktur/ abstrak dalam volume besar yang memiliki potensi untuk Read more…

Art and Culture

Perdamaian dalam Keberagaman Budaya

Arti Logo Burung Perdamaian dalam Keberagaman Budaya Kepala Burung menghadap ke Kanan, artinya berpihak pada Kebenaran (Kebenaran Absolut – Agama; Kebenaran Obyektif – Sains dan Teknologi Modern; dan Kebenaran Subyektif – Pengetahuan/ Pengalaman Individual) Sayap Read more…

Art and Culture

Pemimpin Pasar

Pemimpin Pasar (market leader) adalah pemenang persaingan di pasar yang menjual produk atau jasa yang sejenis. Pasar adalah tempat orang berjual beli untuk menukar barang atau jasa dengan uang yang disepakati bersama antara penjual dengan Read more…