Oleh Melisa Marzett*)

Jika Anda pernah bekerja di bidang teknologi atau terbiasa dengannya, kemungkinan besar Anda mengenal pengusaha yang meluncurkan Startup baru tanpa henti. Pernahkah Anda bertanya pada diri sendiri apa sebenarnya Startup itu? Apakah itu hanya kata mode untuk perusahaan yang berkembang pesat? Atau mungkin ada perbedaan nyata antara Startup dengan UMKM. Startup inovatif dan UMKM seperti anak kecil dan abak cebol. Keduanya kecil dan memenuhi definisi UMKM.Di sinilah kesamaan mereka berakhir. Mari kita lihat perbedaan antara Startups dengan UMKM.

10 perbedaan antara Startup dengan UMKM

  1. Inovasi

Satu di antara perbedaan terpenting antara Startup dengan UMKM adalah inovasi produk atau layanan.

UMKM tidak mengklaim keunikan. Bisnis Anda adalah satu di antara banyak bisnis serupa (misalnya, salon tata rambut, restoran, kantor hukum, blog/ blog video, dll.). Untuk memulai UMKM, Anda dapat dengan mudah mengikuti solusi out-of-the-box.

Inovasi adalah hal terpenting untuk sebuah Startup. Startup dimaksudkan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan meningkatkan apa yang sudah ada. Misalnya, seseorang dapat mengembangkan kelas barang baru (perangkat yang dapat dikenakan), model bisnis baru (Airbnb), atau teknologi yang belum diketahui siapa pun (pencetakan 3D).

  1. Cakupan

Apa cakupan bisnis Anda?

UMKM membuat kemajuan dalam batas yang ditetapkan oleh seorang pebisnis itu sendiri. Dengan kata lain, Anda membatasi pertumbuhan perusahaan dan berfokus pada layanan di lingkaran pelanggan tertentu.

Sebuah Startup, sebagai aturan, tidak membatasi pertumbuhannya dan berfokus untuk memenangkan sebanyak mungkin pangsa pasar. Anda siap untuk meningkatkan pengaruh Anda hingga Anda menjadi pemimpin dalam industri yang Anda bangun.

  1. Tingkat pertumbuhan

Seberapa cepat bisnis Anda akan berkembang?

UMKM, tentu saja, harus tumbuh dengan cepat tetapi prioritas utamanya adalah menghasilkan keuntungan. Ketika bisnis memberi keuntungan, pertumbuhan akan terjadi.

Startup harus selalu tumbuh dan dalam waktu sesingkat mungkin menciptakan model bisnis yang dapat direproduksi. Anda harus dapat mereproduksi kesuksesan perusahaan di seluruh dunia.

  1. Keuntungan

Seberapa cepat bisnis akan terbayar dan berapa banyak yang bisa diperoleh?

UMKM fokus untuk mendapatkan penghasilan dan, jika mungkin, untung sejak hari pertama. Keuntungan penutupan perusahaan bergantung pada selera pimpinan, apalagi rencana ekspansi bisnis.

Mungkin butuh berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun bagi sebuah Startup untuk mendapatkan keuntungan pertama. Sasaran teratas adalah menciptakan produk, yang disukai dan akan diminati konsumen di pasar. Jika tujuan ini tercapai, keuntungan perusahaan akan menjadi jutaan. Misalnya, valuasi perusahaan Uber saat ini adalah 50 miliar dolar.

  1. Keuangan

Berapa banyak yang akan Anda investasikan?

UMKM

Untuk memulai bisnis sendiri, biasanya tabungan pribadi, investasi dari pihak keluarga, teman, kredit perbankan dan/ atau dana investor akan dilakukan.

Namun, tujuan Anda adalah untuk menjadi mandiri, itulah mengapa Anda perlu berhati-hati dalam hal kontrak utang selama semua uang tersebut akan dikembalikan suatu hari nanti dengan bunga.

Startup

Banyak proyek dijalankan dengan cara pribadi atau dengan bantuan anggota keluarga dan orang-orang terdekat.

Namun, crowdfunding menjadi semakin populer.

Pinjaman finansial dari angle investor, modal ventura, dan investor tetap menjadi versi yang paling umum.

Startup harus sampai pada tahap pengembangan. Oleh karena itu, diperlukan tambahan modal sebelum perusahaan mulai menghasilkan keuntungan.

Penting untuk diingat bahwa investor menunggu pengembalian finansial ekstra, yang menciptakan tekanan tambahan pada perusahaan.

  1. Teknologi

Apakah ada teknologi yang digunakan untuk menjalankan bisnis?

UMKM

Tidak ada teknologi khusus yang dibutuhkan.

Ada banyak solusi teknologi out-of-box, yang akan diterapkan untuk mencapai tujuan bisnis utama.

Teknologi di bidang pemasaran, solusi akuntan, dll.

Startup

Teknologi seringkali merupakan produk utama dari Startup.

Meskipun tidak selalu demikian, Startup menggunakan teknologi baru untuk mencapai pertumbuhan dan peningkatan yang cepat.

  1. Siklus hidup

Berapa lama bisnis Anda akan berjalan?

UMKM

32% perusahaan tutup dalam tiga tahun pertama, hal ini lumayan dibandingkan dengan Startup.

Startup

92% perusahaan tutup selama tiga tahun pertama.

  1. Tim dan Manajemen

Berapa banyak pekerja yang harus dipekerjakan?

UMKM memberdayakan pekerja yang dibutuhkan perusahaan dalam batasan pertumbuhan yang ditetapkan.

Manajer Startup harus menjadi seorang pemimpin dan mengelola kualitas sejak awal Startup tumbuh secepat mungkin.

Seiring berkembangnya perusahaan, Anda harus bekerja dengan jumlah staf, investor, direktur, dan pihak terkait lainnya yang semakin meningkat.

  1. Cara hidup

Bagaimana pekerjaan dan kehidupan pribadi Anda akan digabungkan?

UMKM, dibandingkan dengan Startup, mengambil lebih sedikit risiko dan tugas.

Yang membuatnya memungkinkan untuk menggabungkan pekerjaan dan kehidupan pribadi dengan cukup baik.

Pada saat yang sama, kehidupan seorang pebisnis penuh dengan panggilan yang tidak diketahui oleh mereka, yang bekerja pukul 09.00-18.00.

Jadi, pada tahap yang sangat dasar, bisnis apa pun pasti membutuhkan upaya yang tinggi. Namun dalam waktu kerja dan rasio kehidupan pribadi harus seimbang.

Startup

Jika ada dana investor, perusahaan akan mulai meraup untung lebih awal.

Mempertimbangkannya, tidak ada waktu untuk merugi.

Ada orang di sebelah Anda yang menunggu sampai Anda menciptakan sesuatu yang luar biasa.

Jadi, keseimbangan antara pekerjaan dengan kehidupan pribadi tidak mungkin terjadi.

Bekerja, bekerja, dan bekerja lagi!

  1. Strategi keluar

Dan yang terakhir namun tidak kalah pentingnya dalam daftar perbedaan utama antara Startup dengan UMKM adalah strategi keluar.

Bisnis Anda akan berakhir dengan apa?

UMKM

Ada dua versi di sini: menjadikannya bisnis keluarga atau menjualnya.

Startup

Biasanya bergerak ke tahap berikutnya melalui kesepakatan besar dalam penjualan atau Initial Public Offering (IPO) – Penawaran Umum Perdana.

Mungkinkah UMKM menjadi Startup atau sebaliknya?

Ya, mungkin saja tapi semuanya bergantung pada keputusan Ketua. Terkadang bergantung pada niat Pendiri (artinya apakah sebuah perusahaan ingin dilihat dalam peran lain), terkadang – dikondisikan oleh faktor eksternal (permintaan produk berubah, kondisi pasar).

Dengan kata lain, sangat penting untuk memahami perbedaan antara Startup dengan UMKM dan untuk menyadari apa yang paling cocok untuk Anda. Kemampuan ini akan memungkinkan Anda menghubungkan kemungkinan dan harapan seseorang untuk memilih rencana terbaik untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Tentang Penulis

*) Melisa Marzett bekerja untuk Penulis Esai Besar. Dia pandai menulis artikel tentang Startup. Dia menikmati prosesnya dan berharap agar artikelnya bermanfaat bagi para pembacanya.

Sumber:
https://apiumhub.com/tech-blog-barcelona/differences-startups-small-business/


admin

WALUYO, harry seorang pemelajar sepanjang hidup di bidang kebudayaan, pariwisata, dan ekonomi kreatif

Related Posts

Creative Economy

Skenario Terbaik dan Terburuk

Merencanakan keberhasilan (skenario terbaik) lebih baik daripada merencanakan kegagalan (skenario terburuk). Merencanakan keberhasilan dengan menetapkan target optimis, sedangkan merencanakan kegagalan dengan menetapkan target pesimis. Bobot perencanaan dalam Balanced Scorecard sebesar 20% dalam pencapaian target, bobot Read more…

Art and Culture

Ekonomi kreatif berbasis Kekayaan Intelektual

Figur 1.3 di atas memperlihatkan sejak dari penciptaan nilai ekspresif dilindungi hak cipta, industri budaya menghasilkan reproduksi massal berbasis hak cipta, industri kreatif memanfaatkan nilai ekspresif yang dilindungi hak cipta, dan ekonomi kreatif (ekonomi baru) Read more…

Art and Culture

Tren Global 2045

Kehidupan kita dan dunia tempat kita tinggal hampir pasti akan berubah selama 30 tahun ke depan, dengan dampak yang dirasakan oleh semua orang. Kami mungkin akan hidup lebih lama dan tahu lebih banyak. Pada tahun Read more…